novel yang diangkat dari kisah nyata

novel yang diangkat dari kisah nyata

Selasa, 08 Oktober 2013

Bahasa Cinta Dalam Membina Hubungan



Menurut penelitian, lebih dari 50% masalah dalam pernikahan disebabkan oleh komunikasi yang buruk. Padahal dalam sebuah hubungan mutlak diperlukannya sebuah komunikasi. Komunikasi yang bagaimana? Tentu saja komunikasi yang berkualitas dan berdasarkan bahasa qalbu. Bahasa yang lahir dari hati yang jernih dan penuh cinta untuk dapat memahami dan mengerti pasangan. Tanpa adanya kemarahan, tuduhan, kritik dan prasangka. Karena tujuan komunikasi itu sendiri adalah agar pasangan kita menangkap maksud atau pesan yang ingin kita sampaikan tanpa terjadinya salah paham.

 Untuk itulah dibutuhkan skill dalam berkomunikasi yang bisa kita asah dan pelajari lewat buku-buku, seminar, pelatihan, pengalaman dsb. Apakah sama artinya orang yang memiliki skill itu orang yang pintar dan banyak omong? Tidak sepenuhnya benar karena orang yang suka berbicara belum tentu memiliki skill komunikasi yang baik. Sejatinya berbicara hanyalah salah satu bagian dari seni berkomunikasi.
dan bahasa cinta adalah salah satu bentuk komunikasi yang diinginkan banyak pasangan .
 sebab bahasa cinta dan penuh kasih dalam sebuah hubungan akan memperat pernikahan.

Tapi tahukah anda bahwa setiap orang/pasangan  mempunya bahasa kasih yang berbeda-beda, yang membuatnya merasa begitu disayang oleh kita . Tentu saja cara yang diinginkannya juga berbeda-beda. Sebagaimana Dr. Gary Chapman memaparkan dalam bukunya 5 bahasa kasih





Pertama Bahasa mendukung.

Pasangan kita akan merasa disayang bila kita memberinya kata-kata yang memberi semangat serta mendukungnya lewat kata kata serta pujian atas keberhasilannya. Ucapan betapa kita selalu mendukungnya dan betapa besar sayang kita padanya. Selalu mengukuhkannya bahwa dia bisa melakukan sesuatu yang ia ragu untuk melakukannya. Tak ada salahnya juga kita puji kecantikan, kegantengan dan penampilannya.

Kedua Bahasa sentuhan fisik.
Tak  selamanya sentuhan fisik harus berupa hubungan di tempat tidur. Ada juga pasangan yang merasa dicintai bila kita senang menyentuhnya lewat pegangan tangan saat berjalan berdua dengannya. Membelai rambut dan memeluk dirinya juga sangat ia senangi. Yah, sentuhan fisik sangat berarti baginya sebagai tanda bahwa kita mencintainya. Maka jangan menolak dan segan-segan untuk menyentuhnya dengan penuh cinta. Pssst…suami saya tipe yang senang disentuh fisiknya loh, makanya dia harus tidur berpelukan kalo tidak akan mimpi buruk ucapnya.

Ketiga Bahasa hadiah

Pasangan lainnya mungkin lebih merasa disayangi bila sering diberi hadiah. Pasti kita berpikir para seleb dan cewek matre rata-rata senang bahasa ini . Belum tentu loh, Bagi seseorang yang menyukai bahasa kasih ini tak mesti hadiah yang mahal-mahal. yang penting berkesan dan menyenangkannya adalah surprise dan kejutan dari kita setiap minggunya. Jadi, mulai sekarang seringlah memberinya hadiah atau kejutan kejutan manis meskipun kecil, tapi berarti besar baginya.

Keempat Bahasa saat-saat berkesan

Bagi pasangan yang menghendaki bahasa ini, maka hendaklah kita selalu hadir saat ia butuhkan dan saat bersamanya. Hadir disini tentu saja hadir secara fisik dan psikis berupa perhatian kita. Biasanya pasangan yang menyukai bahasa kasih ini sangat senang diajak dinner romantis atau mengajaknya melakukan perjalanan berdua saja. Yah, saat-saat berkesan adalah bahasa kasih yang ia ingin dapatkan dari pasangan untuk membuatnya yakin bahwa pasangannya benar-benar sayang padanya. Apakah anda termasuk pasangan yang menginginkan bahasa kasih seperti ini? Hmm…anda tidak sendiri karena saya juga termasuk orang yang menginginkannya he.he.he.. Untuk itulah saya paling senang merencanakan perjalanan berdua suami. Entah itu nonton, traveling ke luar kota atau sekedar makan berdua direstoran. Dan kami punya kota favorit yaitu Yogya, karena menyimpan kenangan sewaktu pertama kali bertemu dan pedekate dulu. Rasanya senang tak terkira dan merasa saat itu suami benar-benar sayang pada saya…

Kelima bahasa pelayanan

Tipe pasangan yang menginginkan bahasa kasih ini biasanya paling senang dibantu mengurus pekerjaan rumah atau mengasuh anak. Bahkan kesediaan kita mengantarkannya belanja dan membenarin laptop atau gadgetnya juga dapat membuatnya yakin bahwa kita mencintainya. Jangan pernah merasa dimanfaatin bila pasangan kita senang mendapatkan perhatian kita lewat pelayanan sederhana ini misalnya menyetrika bajunya, merapikan dan membersihkan rumah untuknya dan menyiapkan sarapan dan makan malam untuknya. Saya jadi ingat seorang teman yang memiliki suami yang tidak berlimpah secara materi tapi teman saya sangat bahagia dan mencintainya karena suaminya tersebut tipe suami yang ringan tangan membantu pekerjaan rumah dan suka membantunya mengasuh anak mereka disaat dia repot. salut yah…


Setelah mengetahui 5 bahasa kasih diatas, tugas anda segeralah cari tahu bahasa kasih yang mana yang pasangan kita inginkan. Usahakan jangan terlalu lama yah? Keburu hubungan pernikahan semakin kering dan hambar.







10 komentar:

  1. wah mbak leyla baru aja mau tak posting di baw dikau sudah komen makasih yah:)

    BalasHapus
  2. kalu aku keknya tipe yg bahasa mendukung deh

    BalasHapus
  3. cerita rosita alhamdulillah sarah senang ya tahu bahasa kasih sendiri:)

    BalasHapus
  4. Buku ini penting untuk dibaca, tentu saja lebih penting untuk dipraktekkan :-) bukan hanya dalam hubungan suami istri, tapi juga dalam menjalin hubungan dengan orang tua, teman, rekan kerja, siapa saja

    BalasHapus
  5. hmm..kalo saya termasuk tipe..bahasa mendukung iya, sentuhan fisik seneng juga, hadiah?..mau banget, saat berkesan iya juga, seneng dilayani juga. waduh.. btw salam kenal ya mbak..

    BalasHapus
  6. arie wah borong semuanya juga gak papa hehehe salam kenal juga yah:) ihan setuju

    BalasHapus
  7. Buku yang penting dibaca oleh semua orang dari kalangan apapun , karena cinta adalah untuk semua manusia dimuka bumi ini...

    BalasHapus
  8. betul. betul betul bu aisyah:)

    BalasHapus

translasi

meninjau polling pengunjung

!-- Start of StatCounter Code -->

Pengikut