novel yang diangkat dari kisah nyata

novel yang diangkat dari kisah nyata

Sabtu, 06 April 2013

Semuanya Bermula Dari Otak

         Orang tua mana yang tak ingin memiliki anak yang cerdas termasuk saya. Tapi sudahkah kita sebagai orang tua telah berusaha memaksimalkan potensi otak anak? . Kecerdasan otak anak sendiri tidak bisa terlepas dari peran penting yang namanya DHA (docosahexaenoic acid), salah satu asam lemak omega-3, yang terbukti bisa memicu perkembangan otak anak.

Menurut saya ada 3 tahap/masa penting dimana seorang anak harus  mendapatkan pemenuhan DHA agar otaknya tumbuh maksimal yaitu:

Pertama  Dimulai dari masa kehamilan. Yah, sebaiknya ibu hamil mengkomsumsi makanan yang mengandung  DHA sejak mulai dari dalam kandungan 400 mg atau lebih setiap harinya, jadi bukan setelah anak lahir saja. Karena ajaibnya DHA selama hamil bisa meningkatkan IQ anak hingga usia 4 tahun. Untuk itulah sejak mengandung anak pertama sampai yang ketiga saya selalu memperhatikan asupan gizi lewat makanan, suplemen dan susu yang mengandung DHA, si suplemen yang sangat istimewa ini.

Kedua  Dilanjutkan dengan pemberian Asi hingga 2 tahun lamanya. Sebab menurut penelitian yang sudah terbuti kebenarannya salah satu kehebatan Asi adalah membuat anak cerdas. Karena Asi adalah sumber DHA alami dengan komposisi yang sangat seimbang dan cocok untuk bayi. Kandungan DHA pada ASI bahkan memiliki keunggulan dari segi kualitas maupun kuantitas dibandingkan DHA dalam susu formula. Jadi tidaklah salah bahwa DHA dalam ASI adalah nutrisi yang komplit dengan komposisi yang ideal untuk pertumbuhan, kesehatan dan kecerdasan bayi. Namun sayangnya tidak semua anak saya bisa lulus menyusui sampai dua tahun karena berbagai factor. Hanya Alisha anak terakhir saya yang beruntung bisa menyusui sampai 2 tahun lebih. Dan terbukti, Alisha tumbuh lebih cerdas dan jarang sakit-sakitan dibandingkan kedua anak saya Baim dan Balqis. Saking takjubnya, saya sering tersenyum-senyum sendiri menyaksikan kepintaran dan kelincahan Alisha.



Ketiga Setelah Anak Berhasil Disapih/ atau tidak lagi menyusui, kita bisa memberikan asupan makanan tambahan yang diperkaya oleh DHA seperti ikan salmon, susu, telur, yoghurt, sereal dan makanan kaya DHA lainnya.  karena terbukti Manfaat DHA mampu meningkatkan produksi hormon penting untuk pertumbuhan otak yang pesat pada usia ini. Masa yang dikenal dengan periode emas yaitu sampai usia 5 thn . Jumlah DHA yang diperlukan anak setiap harinya, sekitar 100 mg atau lebih.

Selain menerapkan tiga langakah diatas, demi pesatnya perkembangan otak Alisha,  tak berhenti saya juga terus menstimulasinya, dengan memaksimalkan 8 kecedasaan yang dirumuskan  Dr. Howard Gardner, seorang profesor bidang pendidikan dari universitas Harvard diantaranya:

                                  1. Kecerdasan Tubuh (Bodily Kinesthetic Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan melakukan gerakan misalnya olahraga dan menari, mengerjakan sesuatu secara fisik.

 Caranya sejak Alisha usia 8 bln, saya sering memutarkan lagu seperti lagu Bebe Lili
“Halo..halo..Papa ada dimama. Lili mau bicara.” Spontan Alisha menggerak-gerakkan tangannya sambil berjoget kedepan dan kebelakang dengan senangnya.  Sekarang saat diputarkan lagu anak-anak, Alisha tak hanya berjoget, tapi ikut bernyanyi sambil melompat-lompat dengan energik.





2. Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence)
Kecerdasan interpersonal yang berkaitan dengan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Saya selalu berusaha agar Alisha senang bergaul dan mau menyayangi dan menghargai orang lain termasuk sepupunya Saskia, Maka tak heran mereka begitu akrab meski terkadang sering berantem ala anak-anak heheh tapi akan dengan cepat damai kembali karena saya juga mengajarkan Alisha untuk saling memaafkan




3. Kecerdasan Bahasa (Verbal-Linguistik Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa secara lisan maupun tulisan.

 Sejak dini saya mencoba merangsang kemampuan berbahasa Alisha dengan selalu membacakan buku cerita. Kebiasaan yang mampu merangsang kemampuan mengenal kosa kata dan huruf-huruf pada Alisha. Tak heran sejak usia 2 thn dia sering meminta saya untuk mengulang-ulangi cerita yang baru saya bacakan. Tentu saja sebagai seorang ibu saya senang dan bangga mendengarnya. meskipun mata mengantuk saya tetap menuruti nya . Pernah ketika saya mulai mengantuk dan semakin lambat membacakan cerita untuknya, tiba-tiba Alisha mengambil buku ceritanya dan berkata "Sini Ma Lisha aja yang cerita," ucapnya semangat. akhirnya jadi terbalik bukan saya yg membacakan cerita untuknya tapi lisha yg membacakan cerita untuk saya ibunya, membuat rasa kantuk saya pun jadi hilang. . Dan kejutannya lagi Lisha menambah nambah sendiri jalan cerita menurut imaginasinya. hingga Alisha bisa kembali menceritakan  apa yang ia dengar.

 Selain itu saya lengkapi juga dengan permainan berupa playpad yang mampu berbunyi mengeluarkan suara huruf dan angka tertentu begitu tombolnya dipencet. Dan Alisha senang sekali hingga dia hapal keluar kepala hurup apa saja yg diperintahkan untuk ditekan.



Maka Tak heran bila Alisha sudah bisa menuliskan namanya sendiri di tembok.. Alhamdulillah...





                                    4. Kecerdasan Logika-Matematika (Logical-Mathematical Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan bekerja dengan logika, sebab-akibat dan angka-angka.

Sejak usia 2 tahun Alisha sudah saya perkenalkan dengan permainan balok dan menyusun Puzzle. Untuk merangsang kemampuan logikanya juga kemampuan berhitungnya dengan menyuruhnya menjumlahkan terlebih dahulu balok-balok sebelum menyusunnya. Dan teryata Alisha sangat senang sekali.






                                            5. Kecerdasan Naturalis (Naturalistic Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mempelajari lingkungan alam. Jenis kecerdasan ini adalah tambahan pada teori Gardner (bukan ide asli Gardner). Dimana Anak yang memiliki kecerdasan naturalis yang kuat sensitive terhadap alam dan menyukai kehidupan alami tumbuhan dan hewan

sedari kecil Alisha kami ajarkan untuk menyayangi dan  tak pernah takut pada binatang peliharaan. Kami pun mencoba  melibatkannya dalam memelihara dan memberi makan kelinci.Terbukti Alisha malah ketagihan untuk bisa memegang dan memberi wortel dan daun daunan pada kelinci di rumah.




                                        6. Kecerdasan Visual-Spatial (Visual-Spatial Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan memanipulasi objek. visual seperti, melukis, menggambar, mengukir, memahat, memotret dan mendesain.

  Senangnya tatkala menemani Alisha bermain cat air sejak usia 1 thn. 
  “Ma, ini gambar pelangi. Yang ini gambar balon,”ucapnya riang sambil melukis tembok dengan menggunakan berbagai macam warna. Alisha tak mau berhenti melukis, saat saya mengajaknya berhenti. Walau lukisannya tak beraturan, Saya terus menyemangatinya dan memujinya. Meskipun tembok rumah menjadi kotor. Yang penting Alisha bisa bebas berekspresi.
“Wah, bagus sekali lukisan Lisa,” jawabku takjub waktu itu. Alisha pun semakin bersemangat melukis.





Dan di usianya sekarang 4 thn, bila selesai mewarnai, Alisha akan meminta untuk segera ditempelkan disamping tempat tidurnya, agar bisa terus ia lihat heheheh


                                           7. Kecerdasan Musik (Musical Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mempelajari suara, ritme, nada dan musik. Anak yang memiliki kecerdasan musik yang kuat suka menyanyi, mendengarkan lagu, memainkan alat musik.

Meskipun sering berebut pianika dengan kakaknya balqis, Alisha tak pernah berhenti untuk belajar meniupnya saat kakaknya lengah atau tak dirumah. Untuk itulah Alisha dibelikan pianika juga agar puas meniupnya tanpa takut diganggu.



                                      8. Yang terakhir kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence)
Kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan introspektif dan reflektif diri. Biasanya  anak dengan kecerdasan intrapersonal yang kuat cenderung suka bekerja sendiri dan tidak banyak berinteraksi dengan orang lain (introvert). Biasanya lebih cocok menjadi desainer, filusuf, penulis, peneliti, programmer dan ilmuwan.

 Saya biarkan jari-jari Alisha mengetik-ngetik di komputer sambil belajar mengenal huruf-huruf dan mengarahkannya mengganti warna hurufnya  sesuai yang dia inginkan . "Ganti warna ungu Ma, atau Ma huruf yang ini warna merah aja." Cara sederhana yang saya ajarkan sebagai pemancing kreatifitas Alisha. Siapa tahu kelak setelah dewasa bisa kreatif seperti para desainer kondang :). Hasilnya, terciptalah huruf-huruf berwarna-warni ala Alisha di ms Word



Walaupun sekarang belum kelihatan jelas Alisha lebih dominan di kategori kecerdasan yang mana diantara 8 kecerdesan diatas, tapi saya akan terus menstimulasi otaknya hingga kelak akan muncul dengan sendirinya yang mana kecerdasan yang paling menonjol dari Alisha. Tentunya juga dibantu dengan Vitamin Seven Seas yang memiliki kandungan DHA tinggi, karena dibuat dari minyak hati ikan Kod di Perairan Atlantik yang bebas pencemaran. Selain itu Vitamin Seven Seas memiliki kandungan DHA yang lebih banyak dari vitamin lainnya yaitu sebanyak 224 mg/ 10 ml. Juga mengandung Omega 3 untuk pertumbuhan otak, ditambah dengan Vitamin A untuk mencegah infeksi dan kesehatan mata, dan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Benar-benar komplit!




referensi :
buku pintar ayah bunda oleh Irhayati harun
 http://olvista.com/parenting/8-macam-kecerdasan-anak/
http://www.parenting.co.id/article/balita/manfaat.dha.di.tiap.usia.anak/001/003/192




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

translasi

meninjau polling pengunjung

!-- Start of StatCounter Code -->

Pengikut