novel yang diangkat dari kisah nyata

novel yang diangkat dari kisah nyata

Jumat, 18 Juli 2014

Memaksimalkan Uang THR

Dapat THR? Wow! senangngya karena upah kerja setahun turun juga. Bisa belanja belanja nih. Eits, jangan kalap dulu. Kalau tidak bijak menggunakannya bisa menyesal dan semua kebutuhan tak terpenuhi dengan baik. Akibat lainnya bisa-bisa yang bukan kebutuhan di beli juga dengan alasan kapan lagi bisa beli beli mumpung ada uang THR. Nah, loh… Sebenarnya tak ada yang melarang kamu menghabiskan uang THR mu. Wong itu adalah hasil keringatmu selama setahun yang dibayarkan perusahaan sebagai tanda terima kasih karena pengabdian dan kerjamu. Tapi alangkah bijaknya bila kamu tahu trik bagaimana memaksimalkan THR agar semua  terpenuhi. Bahkan kalau bisa bersisa untuk investasi dan tabungan.

Biar kamu gak kalap, nih trik cerdas memaksimalkan THR

-    Keluarkan dulu yang wajib dibayar misalnya zakat, hutang dan cicilan tahunan. Untuk hutang, kamu bisa membiasakan diri untuk tak gampang berhutang bila tidak perlu banget. Jangan dikit-dikit pinjam dengan alasan nanti bisa dibayar pas dapat THR. Akhirnya begitu dapat THR, separuhnya hanya untuk bayar hutang. Ngenes deh….Jadi usahakan untuk meminimalkan utang.

- Catat anggaran pengeluaran agar belanja tidak keluar dari anggaran. Sayangkan bila uang THR mu dihabiskan untuk hal yang sebenarnya tidak penting dan kamu butuhkan. Misalnya mendadak memborong baju , tas dan sepatu. Padahal di lemari sudah banyak menumpuk benda serupa

-    Jangan lupa berbagi THR pada orang tua, saudara yg kurang mampu atau yang bekerja di rumahmu. Hitung-hitung sedekah lebaran yang bisa kamu lakukan setahun sekali.

-    Bila kamu mudik, alangkah baiknya dana mudik sudah kamu tabung jauh-jauh hari. Jadi THR untuk mudik bisa ditabung. Lumayan kan

-    Begitu juga bila kamu hendak membeli makanan. Kamu bisa membeli bahan makanan yang tahan lama seperti biscuit, sirup dsb saat harganya masih murah. Jadi gak mesti pas mau lebaran yang harganya bisa bertambah mahal.

-    Membeli baju juga bisa kamu lakukan sebelum lebaran. Apalagi saat ada great sale. Belilah baju baru, tas dan sepatu secukupnya saja. Atau kalau kamu bisa menjahit kenapa enggak jahit sendiri? lebih hemat dan kreatif kan? Juga lebih bangga karena hasil tanganmu sendiri.Siapa tahu teman-temanmu suka dengan model baju dan hasil rancanganmu sendiri. Bukan tak mungkin lebaran berikutnya pada pesan baju rancanganmu. Keren kan? udah hemat dapat uang tambahan lagi saat lebaran berikutnya.

-    Yang terakhir setelah semua pos terisi, jangan lupa sisakan untuk ditabung atau berinvestasi misalnya dengan membeli emas. Jadi THR mu ada bekasnya gak habis begitu aja kayak air .

Oke selamat menikmati THR nya dengan senyum bahagia yah:)

1 komentar:

translasi

meninjau polling pengunjung

!-- Start of StatCounter Code -->

Pengikut