novel yang diangkat dari kisah nyata

novel yang diangkat dari kisah nyata

Sabtu, 18 Januari 2014

Makan Dong Sayang

 Bunda tentu sering kewalahan menghadapi aksi tutup mulut si kecil. Bahkan sampai harus kejar-kejaran dengannya. Yups! bunda tak sendirian sebab hampir semua bunda pernah mengalaminya termasuk saya. Perasaan panik, cemas, dan takut kalo si kecil kurang gizi terus menjadi pikiran.

Perlu bunda ketahui bahwa setiap anak itu unik, begitu juga dalam menyikapi makanan. Misalnya ada anak yang memilih-milih makanan dan sukanya makan nugget saja. Sementara anak yang lain menolak makanan tertentu karena kurang suka dengan bau atau teksturnya yang kasar atau yang terlalu lembek. Disinilah kesabaran dan kreatifitas bunda diuji.

Pada dasarnya setiap anak terlahir unik, begitu pula dalam perilaku makannya. Ada yang memilih-milih makanan, ada yang sukanya makanan itu-itu saja seperti nugget dan ada yang menolak makan nasi sama sekali. Jadi senangnya hanya minum susu susu saja.






Sebagai orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh secara sempurna, tentu akan merasa panik bila anaknya mengalami gangguan makan seperti memilih-milih makanan, menolak makanan, atau hanya mau minum susu saja tanpa mau makan makanan padat. Bahkan ada juga anak yang tidak mau sama sekali makan nasi! Tentulah orang tua merasa panik dan pusing tujuh keliling. Padahal bila kita tahu cara mengatasi dan menghadapinya, rasa stress dan cemas tak lagi menghinggapi. Sebagai orang tua, kita perlu memiliki kesabaran dan cinta yang segudang untuk menghadapi perilaku anak  terkait pemberian makan secara sehat dan tepat gizi.

Buku ini mengupas tentang perilaku makan pada anak secara komplit. Ada juga tentang pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh anak yang sukanya mengemut, menyembur makanan, menolak makan, memuntahkan makannya sampai yang hanya mau minum susu saja di bab 1. 


Di bab 2 mengupas tentang proses belajar makan pada anak, mengajarkan anak makan dimeja, melatih kemandirian anak dengan menyuruhnya memilih makan sendiri sampai bagaimana mengajarkan etika makan pada anak sejak dini.


Bab 3 mengupas masalah makan pada anak dan cara menyikapinya. Sedangkan di bab 4 mengupas betapa pentingnya bekal sehat pada anak dan tips memilih tempat bekal yang aman disertai dengan resep-bekal yang disukai anak. 


Sedangkan di bab 5 mengupas tentang apa itu makan cerdas atau ‘smart eating’ dan apa saja kiat-kiat membentuk makan cerdas pada anak.


 Bab 6 mengupas bagaimana harus menyikapi anak yang vegetarian dan terlanjur mengalami obesitas serta menerapkan diet yang benar untuk anak. Ada juga menu dan makanan terbaik apa saja untuk kecerdasan anak. Terakhir mengupas perlukah suplemen pada anak dan makanan tepat apa yang bisa diberikan untuk anak yang sakit. 



Selamat berkreasi yah bunda demi buah hati kita:)



3 komentar:

  1. kayaknya saya harus cari buku ini :)

    BalasHapus
  2. iya mbak hana maksih ya udah mau berkunjung :) Pesan ke saya juga bisa mak mira dapat dskon 30 persen selagi sto masih ada:)

    BalasHapus

translasi

meninjau polling pengunjung

!-- Start of StatCounter Code -->

Pengikut